Status Paket “Penerima Tidak Dikenal” dan Cara Mengatasinya

Assalamu’alaikum.

Pernahkah kamu membeli sebuah barang melalui online?

Atau bahkan kegiatan belanja online sudah menjadi sebuah rutinitas yang sering kamu lakukan?

Karena seperti yang kita tahu, zaman sudah semakin maju, teknologi berkembang semakin cepat dan pesat. Kalau dulu jika kita ingin bertukar kabar saja harus melalui surat yang diantarkan oleh kantor pos, maka sekarang kita tinggal install aplikasi chat seperti Whatsapp saja. Maka pesan pun akan terkirim hanya dalam hitungan detik.

Kalau dulu juga kita harus pergi ke toko untuk membeli sebuah barang yang sangat kita inginkan. Maka di zaman mobil terbang ini, kita hanya tinggal membuka aplikasi semacam Tokopedia atau Shoope, maka kita sudah bias melihat barang-barang yang kita sukai, lalu membelinya tanpa harus datang langsung ke tokonya. Tentu hal ini lebih memudahkan dalam hal transportasi.

Namun di balik mudahnya berbelanja secara online, ternyata ada juga loh minusnya. Seperti misalnya barang yang kita pesan tidak sesuai dengan yang kita lihat di onlinennya. Atau masalah pengiriman barang yang tak kunjung datang ke rumah.

Paket Penerima Tidak Dikenal

 

 

Saya sepertinya sudah pernah mengalami peristiwa status paket “Penerima Tidak Dikenal” ini. Awalnya saya cek ke orang rumah, karena saya kira maksud dari status ini adalah barang tersebut sudah sampai namun kepada orang yang tidak dikenal. Dari situ saya masih mikir kalau yang menerima paket tersebut saudara atau tetangga saya.

Namun sesampai di rumah, saya cek tanya sana sini kok gak ada paket yang nyampek ya? Kan statusnya penerima tidak dikenal. Yang mereka maksud ini paket sudah diterima oleh orang yang tidak dikenal, atau malah paket tidak bisa diantar karena si penerima paket tersebut tidak dikenal di daerah yang tertera?

Karena jika maksud mereka penerima paket tidak dikenal/tidak dapat ditemukan, itu hal yang konyol. Karena sebelum-sebelumnya saya sudah sangat sering belanja online, dan kurir selalu menemukan alamat saya. Dan juga saya sudah menuliskan alamat rumah dengan sangat lengkap sekali, jadi hanya orang linglung yang tidak bisa mengantarkannya ke alamat saya.

Jadi setelah kejadian ini, rasa penasaran saya menjadi memuncak dan saya mencari-cari informasi lebih detail dari mbah google. Dan dari seluruh informasi yang dapat saya cerna, ternyata oh ternyata maksud dari status pengiriman “Penerima Tidak Dikenal” bukan paket sudah diterima oleh orang yang tidak dikenal, melainkan paket tersebut memang belum diantarkan sama sekali ke alamat si penerima paket.

Mengapa Paket Belum Sampai Namun Statusnya Penerima Tidak Dikenal?

Lalu mengapa kurir membuat status paket menjadi “Penerima Tidak Dikenal” jika kurir itu sendiri belum mengantarkan paket sama sekali ke alamat penerima?

Dari informasi yang sudah saya olah dan pelajari secara mandiri berdasarkan pengalaman juga (njir panjangnya), ada beberapa faktor yang membuat status pengiriman barang online kamu menjadi penerima tidak dikenal, yaitu beberapanya adalah :

  1. Kurir Kejar Target

Alasan pertama ini mungkin bisa sangat masuk akal sekali untuk kalangan para kurir. Karena bisa saja mereka (para Kurir) memiliki batas waktu tertentu untuk mengantarkan paket yang sudah diserahkan. Entah itu peraturan kantor, ataupun untuk mendapatkan bonus.

Jadi, jika paket tersebut seharusnya sudah diantar dan diterima hari ini, sedangkan kurir tersebut belum sempat mengantarkan paket itu. Maka hal yang dilakukan karyawan pendataannya adalah mengubah status paket menjadi “Penerima Tidak Dikenal”, yang padahal paket tersebut belum diantarkan sama sekali.

  1. Kurir Tidak Sempat Mengantar

Alasan yang kedua ini saling berhubungan dengan alasan pertama.

Jika alasan pertama kurirnya mengejar target, maka alasan kedua ini karena kurirnya memang murni telat/belum sempat untuk mengantarkan paket penerima. Entah karena sudah kemaleman di jalan, atau karena rumah si penerima yang masih jauh, jadi si kurir memutuskan untuk mengantarkan paketnya keesokan hari saja.

  1. Kurir Belum Menemukan Alamat Penerima

Alasan ketiga karena si kurir memang belum menemukan alamat si penerima paket.

Hal ini mungkin saja terjadi jika si kurir tersebut baru pertama kali mengantar paket ke rumah kita. Atau jika rumah kita termasuk di daerah yang cukup dalam. Tentu saja hal ini bisa membuat kurir bingung, walaupun alamat sudah tertera di paket tersebut. Jadi jika si kurir belum menemukan rumah si pemilik paket, mungkin saja dia akan kembali mengantarkan paket keesokan harinya.

Hal Yang Bisa Dilakukan Jika Paket Belum Diterima

 

Lalu bagaimana tanggapakan kita paket yang kita pesan mengalami masalah seperti ini?

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan jika suatu hari, atau malah sekarang kamu mengalami masalah seperti ini dalam masalah paket tersebut.

  1. Menunggu Lagi

Ini adalah hal pertama yang harus kamu lakukan, yaitu menunggu kembali kedatangan paket dengan perasaan sabar dan bahagia.

Karena dalam kasus saya, ketika hari ini status pengiriman paket saya penerima tidak dikenal, maka saya putuskan untuk menunggu lagi besok. Ternyata benar, paket sampai keesokan harinya. Perlu diketahui bahwa paket yang saya pesan adalah paket yang cukup besar, mungkin hal itu juga menjadi faktor lamanya paket sampai.

Karena bisa saja kasus kalian sama dengan saya. Paket tersebut sudah ada di daerah kalian, namun memang belum diantarkan. Dan kemugkinan akan diantar besok. Jadi tak ada salahnya menunggu satu hari lagi. Apalagi jika pengiriman paket kalian belum sampai pada batas waktunya.

  1. Konfirmasi ke Kantor Terdekat

Jika status paket kalian tak kunjung juga berubah, padahal sudah berhari-hari ditunggu sejak statusnya “Penerima Tidak Dikenal”, maka kalian bisa coba untuk mendatangi kantor terdekat dari jasa pengiriman paket tersebut.

Misalnya pengiriman paket kalian itu dari kurir JNE, maka silahkan datangi kantor JNE terdekat dan coba tanyakan perihal paket tersebut, dan meminta bantuan kepada karyawan JNE yang ada di kantor tersebut.

  1. Hubungi Pihak Official

Jika saran kedua tidak bisa dilakukan, maka cara ketiga adalah kalian bisa minta bantuan langsung kepada Official dari perusahaan pengiriman paket tersebut.

Tentunya setiap perusahaan jasa pengiriman, entah JNE, J&T, Sicepat ataupun perusahaan lainnya, mereka pasti memberikan nomor telpon atau alamat email langsung dari perusahaan pusat, untuk menerima keluhan dari para pelanggannya.

Kalian bisa menggunakan fitur ini untuk menanyakan dan mengkonfirmasi masalah paket kalian yang belum sampai.
Berikut ini saya berikan link situs official masing-masing perusahaan jasa pengiriman barang :

  1. JNE : https://www.jne.co.id/id/hubungi-kami/our-information 
  2. J&T : https://resinesia.com/nomor-call-center-jnt/ 
  3. Sicepat : https://www.sicepat.com/contactus 
  4. POS : https://www.posindonesia.co.id/id/content/44 
  5. Tiki : https://tiki.id/id/kontak

Untuk perusahaan jasa pengiriman yang lainnya, kalian bisa cari sendiri di google atau social media resmi masing-masing perusahaan. Karena 5 perusahaan di atas mungkin sudah mewakili, karena merekalah yang paling banyak dipakai.

Kesimpulan dan Saran

Jadi kesimpulannya adalah status paket belum sampai tapi penerima tidak dikenal kemungkinan besar karena paket tersebut belum diantarkan sama sekali oleh kurir.

Pada kasus saya yang baru saja terjadi, saya menunggu lagi dan keesokan harinya paket langsung sampai. Jika kalian juga baru saja mendapatkan status seperti itu, bisa silahkan menunggu beberapa hari kedepan. Dan pastikan juga bahwa nomor hp kalian yang tertera di alamat penerima adalah nomor hp yang aktif.
Karena jika kurir tersesat, kemungkinan besar dia akan menghubungi kalian dari nomor tersebut.
Namun jika paket sudah melewati batas waktu pengiriman, dan tidak ada informasi sama sekali dari pihak kurir. Maka silahkan ikuti beberapa cara yang sudah saya jelaskan tadi.
Komen saja jika ada yang masih ingin ditanyakan, Inshaa Allah akan saya jawab semampu saya. Untuk membantu permasalahan teman-teman.

Wassalamu’alaikum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *