Macam-Macam Penyebab Kerusakan Pada Harddisk

Assalamu’alaikum.

Sudah menjadi sebuah informasi umum bahwa hardware yang paling penting dari sebuah Komputer adalah Harddisk. Karena di dalam harddisklah semua data penting yang selalu kalian kerjakan di komputer akan tersimpan. Ibaratkan sebuah rumah, maka harddisk adalah sebuah brangkas besi yang digunakan untuk menyimpan semua uang dan perhiasan. Jadi sudah tentu harddisk adalah benda yang sangat penting.

Saya sendiri kalau harus memilih antara Processor atau Harddisk yang harus rusak, maka saya lebih memilih Processor. Memang benar, processor juga adalah hardware yang sangat penting untuk komputer. Karena processor sendiri diibaratkan sebagai otak sebuah komputer. Namun jika processor sudah rusak, maka tinggal beli baru, tak ada data yang hilang. Jika sudah ganti processor, maka komputer akan seperti biasa lagi. Datanya akan tetap ada.

Namun jika harddisk yang rusak, mau ganti processor yang termahal sekalipun, tetap saja komputer tersebut tidak akan bisa seperti dulu lagi. Karena kamu harus membeli harddisk yang baru, yang masih kosong. Dan tentu saja komputer ataupun laptop tersebut akan menjadi kosong, seperti baru, semua datanya akan menghilang.

 

Penyebab Harddisk Laptop/Komputer Rusak

Tentu saja kita pasti ingin komputer ataupun laptop yang kita miliki tetap awet datanya. Tidak akan pernah hilang. Khususnya data-data penting seperti Skripsi, Project Kerjaan, atau tugas-tugas dan file lainnya yang sangat penting sekali. Yang mengerjakannya butuh waktu lama dan sangat sulit. Atau file-file berisi kenangan, seperti foto dan video dokumentasi liburan.

Karena itu, jika kalian ingin harddisk pada komputer kalian bisa bertahan lama dan tetap sehat, maka ada beberapa hal penyebab kerusakan harddisk yang harus diketahui, agar bisa dihindari dan membuat harddisk tetap aman jaya. Sebagai berikut.

 

Arus Listrik Tidak Bagus

Penyebab kerusakan harddisk yang pertama ini sangat banyak sekali tidak disadari orang-orang. Karena memang tidak semua orang mengerti tentang tegangan listrik. 

Padahal tegangan arus listrik menjadi faktor yang sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan harddisk loh. Karena listrik yang tidak stabil akan mempengaruhi kemampuan putaran harddisk. Jika kecepatan putaran harddisk tidak stabil dikarenakan tegangan listrik yang ekstrem atau terlalu low, maka hal ini bisa menyebabkan harddisk rusak atau bad sector pada harddisk. Karena itu daya listrik sangat penting untuk sebuah komputer.

Beberapa faktor lain yang berkaitan dengan tegangan listrik yang dapat merusak harddisk adalah :

  • Daya listrik yang tiba-tiba mati, sehingga komputer akan mati secara mendadak.
  • Tegangan listri yang tidak stabil, misalnya jika ada petir, tegangan akan naik secara drastis, atau tegangan listrik akan turun jika terlalu banyak menggunakan listrik.
  • Power Supply yang rusak.
  • Power Supply yang kurang daya.
  • Adanya konektor yang kendor pada kabel.

Untungnya saat ini sudah ada alat yang bernama UPS (Uninteruptible Power Supply) yang juga berfungsi sebagai Stabilizer yang dapat menstabilkan pasokan listrik. Cara kerja alat ini sama seperti baterai yang menyimpan listrik. Jadi disaat pasokan listrik tidak stabil, maka UPS akan mengatasinya dengan daya yang sudah tersimpan, dan membuat harddisk tidak mati secara mendadak.

 

Pengaruh Lingkungan

Kebersihan di sekitar komputer juga menjadi pengaruh yang cukup besar untuk kesehatan komputer, khusunya kesehatan harddisk. Karena jika di area komputer atau laptop kalian terlalu kotor, seperti banyak debu dan kotoran-kotoran kecil yang bisa masuk ke dalam komputer, lama kelamaan kotoran tersebut akan menumpuk pada bagian-bagian komputer seperti harddisk. Dan pada akhirnya kotoran tersebut bisa merusak harddisk.

Tumpukan debu atau kotoran yang sudah menumpuk juga bisa saja menyebabkan pendingin komputer tidak bekerja secara maksimal. Membuat komputer menjadi lebih panas, dan membuat harddisk juga ikut menaikkan suhunya, dikarenakan kipas pada CPU tidak bisa mengusir panas. Ataupun jika kalian memainkan komputer di tempat yang suhunya terlalu tinggi. Maka hal ini akan membayahakan komputer itu sendiri.

 

Akibat Software

Kerusakan software bukan hanya terjadi karena faktor luar saja, namun ada juga faktor dalam yang dapat menganggu kesehatan harddisk. Misalnya saja penggunaan software yang berlebihan. Contohnya kalian sering menginstall dan uninstall software komputer yang tidak penting dan berat. Menggunakan banyak software dengan sumber daya yang besar dalam 1 waktu. Dan sering sekali menginstall ulang windows atau sistem operasi lain pada komputer/laptop tersebut.

Hal tersebut akan membuat harddisk berkerja sangat keras dan akan cepat panas. Apalagi harddisk kan masih menggunakan piringan, jika kalian terlalu berlebihan menggunakan software, maka piringan harddisk tersebut akan berputar sangat cepat. Hal ini akan membuat harddisk cepat panas, dan bisa saja mati mendadak.

Jadi kalian tidak perlu sering install ulang windows, karena hal ini akan membuat harddisk terformat berkali-kali, dan tentu saja tidak baik untuk kesehatan harddisk. 

Dan juga kalian tidak boleh sembarangan download dan install aplikasi dari internet. Karena bisa saja aplikasi itu adalah virus, dan harddisk kalian akan menyimpan virus tersebut. Tentu saja virus juga akan menyerang sistem harddisk dan data-data yang ada di dalamnya.
Jadi install software yang penting-penting saja, jangan sering menginstall ulang komputer.

 

Kesalahan Pengguna

Ada beberapa faktor penyebab kerusakan harddisk yang murni terjadi karena kesalahan penggunanya sendiri.

Overheat

Seperti yang sudah kita bahas tadi, komputer tidak boleh berada di tempat yang suhunya terlalu panas. Dan komputer yang terlalu kotor mesinnya, akan menyebabkan komputer cepat panas dan akan menjadi overheat / suhu yang terlalu panas.

Penyebabnya adalah pemakaian yang berlebihan, atau komputer/laptop diletakkan di tempat yang panas ataupun laptop berada di atas kasur/bantal, yang menyebabkan pembuangan panas dari bawah laptop terhalangi dan membuat panas tersimpan kembali di dalam mesin laptop.

 

Terjatuh

Harddisk juga perangkat komputer yang sangat rentan. Tidak boleh terkena benturan yang kuat. Karena di dalam harddisk ada piringan seperti kaca yang dapat pecah. Jika piringan tersebut retak, atau bahkan tergores sedikit saja, maka data-data yang ada di dalam harddisk beresiko akan rusak atau badsector.

 

Mematikan Komputer Tiba-Tiba

Ada saat-saat dimana kamu tidak boleh mematikan komputer secara mendadak. Yaitu disaat komputer sedang memindahkan data, atau disaat sedang menyimpan data aplikasi, seperti word atau photoshop misalnya.

Karena jika kalian matikan komputer secara mendadak, padahal sedang mencopy data. Maka tentu saja harddisk yang tadinya sedang bekerja keras mengolah data, tiba-tiba mati. Tidak ada persiapan, maka hal ini bisa menyebabkan bad sector atau kerusakan pada data maupun harddisk itu sendiri.

Itulah beberapa faktor kesalahan pengguna yang dapat merusak harddisk.

 

Faktor Usia

Sudah menjadi pengetahuan dasar bahwa semua alat elektronik memiliki umurnya sendiri. Seperti kipas angin, TV, motor, mobil, dan juga Komputer. Waktu akan membuat komputer perlahan-lahan mengurangi umur hidupnya. Harddisk juga seperti itu. Semakin lama digunakan, apalagi jika digunakan secara terus-menerus, maka tentu saja kualitasnya yang tadinya masih bagus dan kencang, bisa menurun secara perlahan-lahan.

Kinerja harddisk yang semakin lama semakin menurun bisa berakhir pada rusak atau matinya harddisk. Entah karena badsector atau masalah lainnya. Untuk beberapa harddisk, jika masih bergaransi, maka kalian bisa coba klaim garansi harddisk tersebut, dan kalian bisa mendapat harddisk baru atau data yang ada di dalam harddisk yang sudah rusak bisa diambil kembali.

Namun sepertinya lebih baik kalian harus sering-sering mengecek kesehatan harddisk. Bisa menggunakan software Hard Disk Sentinel. Dengan memantau kesehatan harddisk, maka kita bisa selalu bersiap-siap jika harddisk sudah mulai rusak, untuk segera membackup semua data yang ada di harddisk lama, untuk dipindahkan ke harddisk baru.

Namun selama 4 Penyebab Kerusakan Harddisk di atas bisa kalian hindarkan, maka Insya Allah harddisk akan berumur panjang, dan tidak akan mati mendadak.

 

Kesimpulan dan Saran

Itulah tadi beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab rusaknya harddisk atau penyebab harddisk tidak terbaca. Saya membuat artikel ini karena saya sendiri pernah mengalami kerusakan harddisk. Padahal di dalam harddisk tersebut ada banyak sekali data penting. Benar-benar pengalaman yang sangat suram.

Jika barang biasa rusak, maka tinggal membeli lagi. Namun jika data yang rusak, apa mau kita membuat atau mengerjakan data yang banyak itu dari awal lagi? Stress rasanya.
Dan jika kalian memiliki banyak kuota, saya juga menyarankan untuk membackup data-data penting ke penyimpanan online yang aman. 

Wassalamu’alaikum.

Kata Kunci Pencarian

Di Laptop, Laptop Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *